Friday, December 23, 2016

Anak-anak Libur, ngapain yach?

Akhir Desember adalah masa liburan sekolah, tepatnya liburan semester 1. Saat itu adalah masa yang ditunggu oleh sebagian anak-anak sekolah, Mengapa? Karena mereka biasanya memiliki waktu bermain lebih banyak, bisa bangun lebih siang, dan tak jarang juga orang tua yang membebaskan mereka dari buku pelajaran.

Namun, tidak sedikit orang tua yang lalu merasa kebingungan saat masa liburan sekolah tiba. Terutama jika orang tua atau sang Ayah adalah seorang karyawan yang tidak bisa ijin atau cuti untuk liburan bersama anaknya. Mereka akan memikirkan apa saja aktivitas anak-anak mereka saat liburan. Tentu para orang tua tidak ingin anak-anak mereka hanya menghabiskan waktu di depan TV dan Gadget.

Dan saya, adalah salah satu orang tua yang tidak terlalu senang dengan waktu libur sekolah yang terlalu panjang. Hehe... tentu saja karena akan menjadi PR bagi saya untuk memberikan kegiatan bermanfaat, sehingga mereka tidak hanya menonton TV dan bermain-main dengan HP saya.

Beberapa kegiatan yang telah saya siapkan untuk masa liburan sekolah, adalah sebagai berikut :


1.  Pergi ke Perpustakaan

Alhamdulillaah, rumah saya cukup dekat dengan Perpustakaan milik Pemerintah Kota, Koleksi buku di perpustakaan juga cukup banyak. Saya bukanlah orang yang mudah membaca semua jenis buku. Buku yang saya suka adalah sejenis novel. Tapi saya sadar penting sekali membaca buku. Dan saya tidak ingin kami menjadi keluarga yang jauh dari buku. Karena itu, pergi ke Perpustakaan menjadi agenda wajib bagi saya dan anak-anak saat liburan. Alhamdulillaah mereka juga sangat bersemangat dengan agenda ini 😊

2.  Bermain di Aini

Aini, adalah sebuah swalayan yang cukup dekat dengan rumah saya. Produk kebutuhan sehari-hari tersedia di lantai 1, sedangkan lantai 2 terdapat area bermain untuk anak-anak. Dengan biaya Rp 3000 per setengah jam atau Rp 5000 per 1 jam, fasilitasnya cukup membuat anak-anak senang bermain disana. Arealnya cukup luas sehingga anak-anak bisa berlari-lari sambil bermain beragam prusutan, panjat-panjatan, kolam bola.

 


3.  Membuat Kue

Saya pernah membaca di sebuah artikel, kegiatan memasak bersama adalah salah satu kegiatan yang dianjurkan bagi orang tua dan anak. Apalagi masa liburan seperti ini, anak-anak cenderung mencari camilan di rumah. Dan membuat kue, menjadi salah satu kegiatan yang saya rencanakan bersama anak-anak. Beberapa resep kue tanpa oven sudah tersimpan di HP ataupun wall Facebook saya. Hihi... tanpa oven yaa..  karena saya tidak memiliki oven di rumah 😊

4.  Mengikuti Kegiatan Camp/Outbond

Pada awal liburan, saya mendapat informasi dari seorang guru di sekolah anak-anak. Beliau adalah salah satu pengelola rumah tahfidz. Untuk mengisi liburan anak-anak, rumah tahfidz tersebut mengadakan kegiatan yang diberi judul "Smart Camp Holiday"
Sebuah kegiatan yang akan mengajarkan pengetahuan indahnya Islam dan Al-Quran, Team work building, mengerjakan karya tulis, kreasi daur ulang, serta terdapat games, lomba dan outbond.
Bersyukur anak sulung sangat berminat mengikuti kegiatan ini.

Jika Bunda-bunda memiliki ide kegiatan yang lain, bolehlah di share di comment bawah yaa... 😊



No comments:

Post a Comment