Tuesday, January 30, 2018

Museum Geologi Bandung, Tujuan Tepat untuk Berwisata Edukasi

Awal tahun 2016, Alhamdulillah, keluarga kecil saya berkesempatan mengunjungi kota Bandung. Tujuan utama kami kesana adalah menghadiri seminar investasi dan berkunjung ke kantor penyelenggaranya. Namun, tentu sayang jika kami tidak berkeliling kota Bandung. Apalah daya ... waktu kosong yang kami miliki hanya 1 hari, maka diputuskan kami akan berkeliling di dalam kota Bandung saja.

Beberapa hari sebelum berangkat, saya melakukan survey untuk menentukan tempat wisata dalam kota yang akan kami kunjungi. Salah satu tempat yang menarik perhatian saya adalah Museum Geologi Bandung. Beberapa gambar hasil googling memperlihatkan keberadaan kerangka hewan purba, sebagai salah satu koleksi Museum Geologi Bandung. Melihat foto-foto itu, sempat membuat saya teringat dengan sebuah film berjudul "Night at The Museum" 😊. Karena itu, saya menjadi semakin penasaran dengan museum ini.

Museum Geologi Bandung terletak di jalan Diponegoro No. 57. Museum yang didirikan pada tanggal 16 Mei 1928 ini, telah direnovasi dengan dana bantuan dari Jepang. Setelah direnovasi, pada tanggal 23 Agustus 2000, museum ini dibuka kembali dan diresmikan oleh Megawati Soekarno Putri selaku Wakil Presiden Indonesia saat itu.

Di dalam Museum Geologi Bandung, terdapat empat ruang peragaan, yaitu :


1. Ruang Geologi Indonesia
Di ruangan yang terletak di lantai 1 sebelah barat ini, pengunjung disuguhi dengan sebuah globe raksasa yang menunjukkan struktur lapisan permukaan bumi. 
Tidak hanya itu, di ruang ini pengunjung juga dapat melihat ragam batuan dan mineral bumi, serta melihat peragaan asal mula bumi, bentuk geologi, peristiwa pelapukan, erosi, dsb.


2. Ruang Sejarah Indonesia
Selain memamerkan aneka fosil, di ruangan ini juga menyajikan informasi seputar peninggalan artefak dan sejarah terbentuknya kota Bandung. Ruangan ini terletak di lantai 1 sebelah timur.


3. Ruang Sumberdaya Geologi
Ruangan yang terletak di lantai 2 sebelah timur ini, memiliki delapan sudut peragaan, yaitu pengenalan sumber daya geologi, batu mulia, minyak dan gas bumi, panas bumi, batubara, mineral logam, mineral non logam, dan sumber daya air.

4. Ruang Manfaat dan Bencana Geologi
Ruangan ini menyajikan informasi seputar pemanfaatan sumber daya geologi, mulai dari zaman prasejarah hingga zaman modern. Selain itu, ruangan yang terletak di lantai 2 sebelah barat ini, juga memberikan informasi tentang bencana gempa bumi, tanah longsor, gunung api, dan tsunami.

Setuju, kan? Jika dikatakan bahwa Museum Geologi Bandung adalah pilihan yang tepat untuk berwisata edukasi. Kalau di Bandung, jangan lupa berkunjung ke tempat ini yaa. 😊

Sumber gambar : Koleksi pribadi


(Tulisan ini disertakan dalam tantangan #SatuHariSatuKaryaIIDN)
#day9