Thursday, February 01, 2018

Hutan Mangrove Wonorejo, Wisata Alam Pesona Surabaya

Sumber : sparkling.surabaya.go.id

Surabaya adalah kota dengan aneka destinasi wisata, mulai dari beragam mal, kolam renang, museum, dan tidak ketinggalan tempat wisata alam. Salah satu destinasi wisata alam yang menarik perhatian warga Surabaya adalah Hutan atau Ekowisata Mangrove Wonorejo.

Mangrove Wonorejo Surabaya
Mencari kerang
Sumber : Koleksi Pribadi

Keberadaan hutan bakau di Surabaya ini, tidak hanya memberikan ruang terbuka hijau bagi warga, namun juga dapat mencegah abrasi oleh air laut serta menjaga keseimbangan ekosistem alam. Dilansir dari sparkling.surabaya.com, hutan mangrove juga dapat menetralisir limbah (khususnya logam berat) yang masuk ke laut.


Dikutip dari wisatajatim.info, Hutan Mangrove Wonorejo menjadi tempat tinggal bagi beberapa jenis fauna yang dilindungi. Selain itu, hutan seluas 200 hektar ini juga didatangi oleh burung migrasi.

Sumber : Koleksi Pribadi

Hutan Mangrove Wonorejo terletak di Jl. Wonorejo No. 1, Wonorejo. Untuk menikmati suasana hutan melalui jalan setapak yang terbuat dari bambu dan kayu, pengunjung tidak dikenakan biaya, kecuali biaya parkir Rp 5000 untuk mobil dan Rp 2000 untuk sepeda motor. Namun, tersedia juga wisata perahu yang akan membawa pengunjung menuju gazebo di muara sungai / tepi laut. Tiket untuk perahu sebesar Rp 25.000 untuk dewasa dan Rp 15.000 untuk anak-anak. Di gazebo, pengunjung dapat bersantai menikmati camilan ditemani suara kicauan burung.

Jika berkunjung ke tempat wisata alam ini, jangan lupa cicipi sirup mangrove dan abadikan kenangan dalam foto yang (beberapa orang menyebutnya) instagramable 😊.

(Tulisan ini disertakan dalam tantangan #SatuHariSatuKaryaIIDN)
#day11

No comments:

Post a Comment