Wednesday, January 31, 2018

Untuk Para Ibu, Ini Pesan dari Indari Mastuti

Pada bulan April 2016, diadakan kopdar perdana komunitas Emak Pintar Jatim (EPJ) di AW Restaurant, Giant, Sidoarjo, Jawa Timur. Emak Pintar Jatim adalah komunitas bagi para emak di bawah naungan Indscript Creative, sebuah perusahaan yang fokus pada pemberdayaan ibu rumah tangga di bidang bisnis dan penulisan. Kopdar dihadiri oleh Teh Indari Mastuti selaku CEO Indscript Creative.

Foto Bersama

Pada acara tersebut, Teh Indari Mastuti memberikan banyak masukan dan pesan kepada anggota EPJ yang hadir. Apa saja pesannya? Yuk, disimak di bawah ini :
     
Menjadi Ibu yang Produktif
Teh Indari Mastuti mengingatkan agar setiap ibu, termasuk ibu rumah tangga, menggunakan waktu dengan sebaik-baiknya sehingga dapat menjadi seseorang yang produktif. Produktif tidak selalu berarti menghasilkan uang, tetapi juga bisa berarti mengajari dan mendidik anak, memasak, membereskan rumah, dll. 

Manajemen Waktu
Ketika seorang ibu rumah tangga ingin berbisnis atau berkarya, maka ada konsekuensi yang harus diterima. Ia harus menyediakan waktu untuk mencari ilmu, melakukan promosi, dsb. Sama halnya dengan ibu yang bekerja di luar rumah, yang juga memiliki jam kerja tertentu.

Saling berkenalan sambil menunggu acara dimulai
Maka, untuk dapat berhasil menjalankan beberapa peran, yaitu sebagai istri, ibu, karyawan, pebisnis, penulis, dll, kunci utamanya adalah manajemen waktu. Ia harus membuat jadwal harian, yaitu jadwal dari pekerjaan yang dilakukan sehari-hari. Kapan memasak, membersihkan rumah, bermain dengan anak, bekerja di kantor, membuat iklan, menulis, harus direncanakan dan disusun waktunya, dari jam ke jam.

Dalam menyusun jadwal harian, seorang ibu terkadang perlu membagi aktivitasnya ke dalam tiga skala, yaitu :
1. Prioritas, aktivitas yang jika tidak dilakukan, akan membuat semua menjadi kacau atau berantakan.
2. Penting, aktivitas yang jika tidak dilakukan, akan membuat yang lain berantakan, tetapi masih bisa ditolerir.
3. Tidak penting, aktivitas yang menghabiskan banyak waktu, namun kurang membawa manfaat.

Percaya Diri dan Memiliki Target
Bagi para ibu yang ingin menjadi pebisnis ataupun penulis, Teh Indari mengingatkan bahwa kepercayaan diri sangat penting. Selain itu, seseorang juga perlu memiliki target sehingga ia terus bersemangat untuk mencapainya. Jika perlu, target itu ditulis dan dipajang yang di tempat yang sering terlihat, misal di dinding kamar, di meja kerja, atau menempel di ujung laptop.

Teh Indari mendengarkan anggota yang sedang memperkenalkan dirinya

Kunci Kebahagiaan
Pada acara tersebut, Teh Indari mengungkapkan tiga kunci kebahagiaan bagi seorang istri/ibu/wanita, yaitu manajemen waktu, manajemen hati dan manajemen komunikasi. Terkait manajemen waktu telah disebutkan di atas.

Untuk manajemen hati, seorang istri/ibu/wanita perlu menjaga perasaan hatinya agar selalu bahagia dan bersemangat. Salah satu cara terapi hati adalah dengan menulis. Jika ada kegelisahan, kemarahan, kesedihan, dan perasaan tidak menyenangkan lainnya, dapat dituangkan dalam sebuah buku harian atau diary. Itu yang sebaiknya dilakukan daripada ditumpahkan atau dilampiaskan kepada anak atau orang-orang terdekatnya.

Seorang istri/ibu/wanita juga perlu belajar berkomunikasi dengan orang-orang di sekitarnya, terutama dengan pasangan. Kesalahpahaman dan masalah dapat terjadi akibat komunikasi yang tidak lancar.

Di atas adalah catatan saya saat acara kopdar berlangsung, yang selama ini hanya tertulis di buku dan dibaca oleh saya sendiri. Semoga dengan re-write ke blog ini, akan dibaca oleh banyak ibu dan dapat membawa manfaat 😊.

Sumber gambar : Koleksi pribadi

(Tulisan ini disertakan dalam tantangan #SatuHariSatuKaryaIIDN)
#day10