Sunday, February 04, 2018

Bingung Pilih Sekolah? Baca Ini Dulu!

"Sekolah negeri atau sekolah swasta, ya?"
"Sekolah swasta banyak sekali, pilih yang mana, ya?"

Adakah yang mengajukan pertanyaan yang sama dengan di atas?

Dari pengalaman pribadi dan cerita saudara, teman, dan tetangga, secara garis besar, berikut adalah hal-hal yang perlu diperhatikan saat akan memilih sekolah anak.

Visi dan Misi Orangtua
Setiap orangtua biasanya memiliki visi dan misi untuk keluarganya, untuk anak-anaknya. Yang dimaksud visi dan misi di sini adalah terkait dengan apa yang orangtua harapkan untuk pengembangan diri anak-anaknya, bisa dari sisi agama, karakter, pendidikan, dsb.

Orangtua yang menginginkan pembentukan karaker Islami yang kuat, atau yang ingin anaknya menjadi penghafal Quran, akan memilih sekolah Islam. Ada pula orangtua yang mengincar sekolah yang mengajarkan entrepreneur kepada siswanya. Hal ini dikarenakan orangtua menginginkan anaknya bermental pengusaha sejak kecil.

Beberapa orangtua juga memilih untuk menyekolahkan anaknya di sekolah negeri karena ingin anaknya belajar berproses dalam lingkungan siswa yang majemuk. Selain itu, ada pula yang memilih sekolah negeri karena waktu belajarnya lebih singkat dibanding sekolah swasta. Sehingga, anak dapat istirahat siang guna lebih menjaga kesehatannya.

Karakter Anak
Ada beragam jenis karakter anak. Beberapa anak bisa jadi merasa tidak suka dan tidak nyaman jika berada di dalam kelas untuk waktu sekian jam. Maka, untuk anak dengan karakter seperti ini, orangtua dapat memilih sekolah alam atau sekolah yang memiliki konsep dan tempat belajar outdoor.

Ada pula orangtua yang melihat anaknya saat itu memiliki karakter pendiam, pemalu, atau tidak terlalu mudah bergaul. Mereka lalu memilih sekolah dengan kelas kecil (20 siswa dalam 1 kelas) dibandingkan sekolah dengan kelas besar (40 siswa dalam 1 kelas). Hal ini dikarenakan orangtua merasa bahwa akan lebih mudah bagi anak untuk belajar meningkatkan kepercayaan dirinya di lingkup (kelas) yang lebih kecil.

Biaya dan Kualitas
Faktor biaya tidak dapat dikesampingkan pada saat anak akan melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi. Biaya yang dikeluarkan untuk menempuh pendidikan di sekolah negeri lebih sedikit dibanding sekolah swasta.
Dalam memilih sekolah swasta, orangtua tidak hanya mempertimbangkan biaya yang harus dikeluarkan saat pertama kali masuk, tetapi juga biaya per bulannya.
Untuk sekolah swasta, besar biaya yang dikeluarkan biasanya berbanding lurus dengan kualitas, prestasi sekolah/guru, serta fasilitas sekolah.

Jarak
Saat hendak memasukkan anak ke TK, biasanya orangtua akan memilih sekolah yang jaraknya tidak terlalu jauh. Namun untuk memilih SD, beberapa mengatakan jarak maksimal antara rumah dan sekolah adalah 8-10 km. Tetapi demi visi-misi orangtua dan kualitas sekolah, ada pula yang ikhlas dengan jarak >10km 😊

Itulah beberapa pertimbangan orangtua dalam memilih sekolah anak. Semoga ulasan ini dapat membawa manfaat 😊






No comments:

Post a Comment