Saturday, February 03, 2018

Masuk SD Usia Berapa?

Jika saya diberikan amanah untuk mengandung dan melahirkan anak ketiga, kelak, dia masuk SD di usia sekitar 7 tahun saja, jangan 6 tahun.

Hehe.. Kalimat itu pernah ada di pikiran saya beberapa waktu yang lalu. Anak pertama saya masuk SD usia 6 tahun kurang 2 minggu. Dari usia sekitar 1,5 tahun, dia memang memiliki ketertarikan dengan huruf dan angka. Niat hati membelikan puzzle huruf dan angka untuk menstimulasinya berbicara (seperti yang dicontohkan di suatu klinik terapi wicara), ternyata telah membuat dia mengenal 26 huruf dan angka 0-10 di usia sekitar 2,5 tahun.

Anak perempuan yang mulai mengucapkan kata-kata (selain mama papa) di usia 1,5 tahun itu, terbilang cukup cepat membaca dan menulisnya. Di awal TK B (usia 5 tahun) dia sudah cukup lancar membaca. Karena itu, kami yakin untuk memasukkannya di SD setelah dia lulus TK B di usia sekitar 6 tahun. Alhamdulillah, hingga sekarang duduk di bangku kelas 4, semua berjalan lancar. Semoga Allah menjaganya selalu.

Berbeda dengan kakaknya, anak kedua saya tidak terlalu tertarik dengan huruf dan angka sebelum usianya 4 tahun. Dia dibilang cukup lancar membaca, baru sekitar 2 bulan sebelum lulus TK B. Tapi karena melihat buku kelas 1 semester 1 milik kakaknya, kami memutuskan anak laki-laki ini masuk SD di usia 6 tahun 3 bulan. Yaa.. Buku semester 1 kelas 1 milik kakaknya, pelajarannya hampir seperti di TK B. Masih ada yang mengeja, ukuran huruf cukup besar, tidak terlalu banyak kalimat dalam 1 paragraf.

Namun, saat anak kedua sudah duduk di bangku kelas 1, lalu saya melihat buku dan pelajarannya, tercenganglah saya..

Ukuran huruf tidak besar seperti kakaknya dulu, tidak ada lagi mengeja, banyak sekali kalimat dalam 1 paragraf. Materi yang diterima oleh kakaknya di semester 2, sudah diberikan di semester 1. Kakaknya baru belajar perkalian di kelas 3. Sedangkan adiknya, sejak kelas 2 semester 1 kemarin, dia sudah dapat materi pengenalan perkalian.

Banyak sekali perubahannya, 'percepatan' materinya. Oleh karena itulah, saya sempat berpikir seperti yang tertulis di kalimat pertama di tulisan saya ini.

Tentunya manusia tidak bisa mengatur secara pasti kapan kelahiran anaknya. Tapi, jika saya diberi amanah anak ketiga dan dia lahir di bulan April, saat ini, yang ada di pikiran saya adalah memasukkannya SD di usia 7 tahun 3 bulan, bukan 6 tahun 3 bulan.

Lalu, aspek apa saja yang perlu disiapkan ketika anak akan masuk SD? Mengapa lebih baik mengikuti peraturan Pemerintah tentang usia 7 tahun masuk SD?

Bisa disimak di tulisan berikutnya 🙏

No comments:

Post a Comment