Saturday, January 20, 2018

Tetap Asyik Meski Liburan di Rumah

Beberapa pekan yang lalu, anak-anak memiliki masa liburan sekolah mereka. Berbeda dengan liburan saat hari raya, di masa ini umumnya hanya anak-anak saja yang berlibur. Ayah atau orangtuanya harus tetap bekerja sehingga agenda tamasya atau mudik pun tidak bisa dilakukan.

Bermain dengan gadget bisa menjadi pengisi liburan yang mengasyikkan bagi anak-anak yang telah terbiasa menggunakannya. Namun, sebagian orangtua telah menyadari bahwa bukanlah hal yang baik jika anak menghabiskan banyak waktu dengan gadget.

Oleh karena itu, orangtua bersama putra-putrinya perlu merencanakan berbagai kegiatan untuk mengisi waktu saat liburan.

Berikut ini beberapa kegiatan yang dapat dilakukan bersama-sama dengan adik, kakak, saudara, teman, ataupun orangtua :


1. Membuat prakarya atau kerajinan tangan.

Membuat prakarya seperti gelang, kalung, ataupun mainan seperti dough, clay, dan slime, adalah kegiatan yang menarik untuk dilakukan anak-anak. Sembari melatih kesabaran dan kreativitas, anak-anak juga dapat menghasilkan suatu barang yang bermanfaat untuk mereka.


2. Bermain di luar rumah
Saat cuaca tidak hujan, anak-anak dapat bermain-main di luar rumah. Mulai dari bersepeda, bermain sepakbola, bulutangkis, ataupun melakukan permainan tradisional seperti petak umpet, engkle, dan lompat tali.

3. Menata kamar
Membereskan dan menata ulang kamar dapat menjadi pilihan kegiatan yang asyik untuk dilakukan anak-anak. Untuk hal ini, sebelumnya orangtua dapat memberikan pengertian mengenai manfaat membereskan atau mengganti suasana kamar.

4. Memasak atau membuat kue
Liburan sekolah adalah masa yang tepat untuk melatih keterampilan di dapur. Anak-anak dapat mencoba resep masakan atau kue kesukaan mereka.

5. Membaca buku
Saat liburan, anak-anak dapat membaca koleksi buku mereka yang belum sempat dibaca. Jika memungkinkan, orangtua dapat pula menambah buku bacaan di rumah. Salah satu caranya yaitu dengan meminjam buku di perpustakaan milik pemda atau taman bacaan yang ada di sekitar rumah.

6. Mengeluarkan koleksi mainan.
Saat liburan, anak-anak dapat kembali mengeluarkan koleksi mainannya, seperti dakon (congklak), monopoli, bola bekel, dan lego.
Selain itu, anak-anak dapat pula memanfaatkan ragam mainan edukatif untuk mengasah kecerdasannya. Beberapa mainan edukatif yang dapat dimainkan anak-anak usia tujuh tahun ke atas adalah lego kayu Bentrap, puzzle Empat Serangkai, dan puzzle Kotak Geser. Tidak hanya mengasah otak, mainan-mainan edukatif itu juga dapat mengasah kesabaran dan kreativitas anak.

Sumber : Koleksi Pribadi


Tidak harus dengan bertamasya ke tempat-tempat hiburan, berbagai kegiatan asyik tetap dapat dilakukan untuk mengisi waktu liburan di rumah.

-- Ditulis ulang dari status Facebook saya (Riski Nia) tanggal 19 Desember 2017 --