Monday, January 22, 2018

Musim Hujan Tiba? Lakukan Ini untuk Menjaga Kesehatan!

Sumber : pixabay.com

"Ma, pusing," kata anak sulungku saat itu.

Aku melihatnya. Wajahnya tampak pucat dan keringat dingin mambasahi lengannya. Segera kupegang dahinya, 'nggak panas, kok', batinku.

Meski suhu badannya tidak panas, tetap saja aku kuatir. Sekitar setengah jam sebelumnya, dia begitu bersemangat ketika papanya mengajak kami ke restoran ini. Maklum, pergi ke tempat ini adalah keinginannya. Dan baru saja beberapa menit sebelumnya dia memesan milkshake coklat dingin, minuman yang diidamkannya di restoran ini. Namun, mengapa tiba-tiba dia berubah.

"Pengin muntah", ucapnya sejurus kemudian.

"Ayo lho, ke kamar mandi, yuk!" ajakku sambil memegang tangannya.

Setelah 'melepaskan' rasa mual di perutnya, kami kembali ke tempat duduk. Aku pun memesan coklat hangat untuk mengganti menu milkshake-nya. Sambil menunggu pesanan datang, aku berpikir mengapa dia seperti tiba-tiba masuk angin.

'Aah.. Sepertinya karena dia tadi pagi terlambat sarapan', batinku.

Di hari libur seperti itu, memang biasanya anak-anak sarapan agak mundur, sekitar jam 9. Tapi sebelumnya, tidak lama setelah mereka bangun, biasanya aku menyiapkan beberapa camilan untuk mengisi perut, selain susu yang mereka minum saat bangun tidur. Sayangnya, sulungku di pagi itu tidak mau makan camilan apa-apa. Dan nasi goreng menu sarapan hari itu, baru disantapnya pukul 10.

Ah, ternyata ... Aku telah lengah dalam menjaga kesehatan keluargaku. Musim hujan yang belum berlalu, angin kencang yang terkadang bertiup di kota tempat aku tinggal, adalah masa di mana seharusnya kesehatan semakin dijaga.

Lalu, bagaimana cara menjaga kesehatan saat musim hujan? Berikut ini beberapa tipsnya :

1. Memerhatikan Waktu Makan beserta Asupan Gizinya.
Perut yang kosong akan rentan menyebabkan masuk angin. Makanlah saat tiba jam makan. Perhatikan juga asupan gizi harian. Penuhi kebutuhan tubuh atas segala nutrisi, vitamin dan mineral yang terdapat di karbohidrat, sayur, buah, lauk-pauk, dan susu.

Berikan pula asupan minuman atau suplemen untuk meningkatkan daya tahan tubuh seperti madu, sari kurma, sari buah lemon, minuman probiotik, dsb.

2. Istirahat yang Cukup.
Miliki istirahat yang cukup dengan menjaga kualitas tidur. Tidur adalah masa untuk memulihkan sistem pada tubuh.

3. Menjaga Kebersihan Lingkungan.
Hujan kerap menimbulkan berbagai genangan yang dapat menjadi tempat berkembangbiaknya nyamuk demam berdarah. Cuaca yang lembab juga dapat meningkatkan pertumbuhan kuman penyakit. Jagalah kebersihan lingkungan dari sampah yang menumpuk dan genangan-genangan air.

4. Sedia Payung dan Jas Hujan saat Bepergian.
Saat keluar rumah, siapkan selalu payung atau jas hujan. Pakaian yang basah dan kedinginan akibat kehujanan, disertai perut kosong atau daya tahan tubuh yang sedang turun, dapat menyebabkan tubuh mudah terserang penyakit.

5. Olahraga
Ini adalah hal penting yang kerap terlupakan akibat padatnya rutinitas harian. Saat hari libur atau ada waktu luang, tidak ada salahnya untuk meng-agenda-kan kegiatan berolahraga.

Di atas adalah beberapa tips untuk menjaga kesehatan saat tiba musim hujan. Semoga kita dimudahkan untuk menjalankannya ☺

#SatuHariSatuKaryaIIDN
#day1