Wednesday, January 24, 2018

Persiapan Traveling Bersama Anak

Hari ini adalah hari ketiga challenge #SatuHariSatuKaryaIIDN. Di antara sekian tema, hari ini saya memilih tema "Traveling/Perjalanan" dengan sub tema "Traveling Bersama Anak". Mengapa tema ini? Karena saya ingin mengingat-ingat kembali masa asyik itu 😁.

Sejujurnya, keluarga kecil saya tidak terlalu sering mengadakan traveling ke luar kota. Seringnya, kami melakukan perjalanan karena suatu keperluan penting, bukan semata-mata karena ingin mengunjungi tempat wisatanya.

Blitar, Kediri, Tulungagung, Jakarta, pernah menjadi tujuan perjalanan kami karena ada undangan pernikahan saudara dan teman. Sebelum atau selepas menghadiri undangan, kami menyempatkan jalan-jalan mengunjungi tempat wisata di kota tersebut. Kami juga pernah melakukan perjalanan ke Bandung karena hendak menghadiri sebuah seminar.

Moda transportasi yang kami gunakan beragam, mulai kendaraan pribadi, kereta, dan pesawat.

Lalu, selain pakaian ganti dan perlengkapan mandi, hal khusus apa saja yang saya siapkan saat traveling ke luar kota bersama anak-anak? Disimak di bawah ini, yuk.. Sama tidak dengan kalian? 😊

1. Obat Anti Masuk Angin.
Masuk angin adalah keadaan yang saya kuatirkan terjadi pada anak-anak saat melakukan perjalanan. Masuk angin dapat berakibat pusing, mual, dan muntah. Perjalanan akan kurang menyenangkan jika anak-anak mengalami hal itu.

Sebelum berangkat ke tujuan dan saat akan perjalanan pulang, saya meminta anak-anak minum obat anti masuk angin. Beberapa cadangan juga saya siapkan di tas.

2. Obat Turun Panas dan Termometer.
Saat sedang melakukan perjalanan, tidak tertutup kemungkinan tiba-tiba anak demam. Jika suhu badan anak tiba-tiba naik saat sedang melintasi hutan, atau saat malam hari dan tidak ditemukan toko yang buka, atau ketika di dalam kereta atau pesawat, tentu akan susah untuk membeli atau mendapatkan obat turun panas.

Memiliki dua anak dengan riwayat kejang panas semasa balita, menjadikan saya super waspada jika suhu tubuh anak mulai naik. Karena itu, obat turun panas dan termometer harus siap sedia di dalam tas.

3. Jaket atau Sweater.
Jaket termasuk salah satu pakaian yang harus tersimpan di dalam tas. Berguna untuk penghalau dingin, terutama jika menggunakan moda transportasi kereta atau pesawat, karena kami tidak bisa mengatur suhunya 😊

4. Camilan dan Minuman Favorit.
Tidak hanya sebagai penghilang lapar dan haus, camilan dan minuman favorit juga kerap berguna untuk pelebur kebosanan dan mengembalikan mood anak. Biasanya, anak-anak saya persilakan memilih sendiri roti, makanan ringan, permen, dan minuman kesukaannya.

5. Mainan
Mainan favorit anak juga dapat dibawa untuk menghilangkan kejenuhan selama perjalanan. Masih melekat di ingatan, ketika kami bermain kartu remi dan domino dalam perjalanan ke Bandung dengan kereta, yang memakan waktu 15 jam.

Kalau mau membawa mainan edukatif, bisa juga memilih Puzzle Empat Serangkai atau Kotak Geser. Sayangnya, lego kayu Bentrap susah dimainkan di dalam kendaraan ya 😊
Aneka Mainan Edukatif

Jadi, itu dia 5 hal khusus yang saya siapkan ketika traveling ke luar kota bersama anak-anak. Kalau kalian bagaimana? 😊

Sumber gambar : Koleksi pribadi

(Tulisan ini disertakan dalam Challenge #SatuHariSatuKaryaIIDN)
#day3