Thursday, January 25, 2018

Waspadai Ini Jika Tak Ingin Anak Kecanduan Gadget

Beberapa waktu yang lalu, selepas mengantar anak-anak ke sekolah, saya berbincang dengan ibu, sambil menonton televisi.

Lalu, ada tulisan di layar televisi yang menarik perhatian saya, yaitu :
-- Kecanduan "Gadget" Masuk RSJ --


Saat saya melihat acara itu, sudah masuk pada sesi diskusi antara pembawa berita dengan seorang psikolog. Sehingga tidak banyak informasi yang saya dapatkan.

Namun seperti dilansir dreamers.id, terdapat dua anak, satu siswa SMA dan satu siswa SMP, yang mengalami guncangan jiwa akibat kecanduan gadget. Mereka dirawat di Poli Jiwa RSUD dr Koesnadi, Bondowoso, Jawa Timur.

Disebutkan pula bahwa mereka berlaku mengerikan jika tidak diberi izin menggunakan gadget. Salah satu anak, berperilaku menyakiti diri sendiri dengan membenturkan kepalanya ke tembok.

Lalu bagaimana upaya mencegah kecanduan gadget pada anak? Sedangkan sebagian orang berpendapat, mau tidak mau, suka tidak suka, keberadaan gadget adalah salah satu kemajuan dan perkembangan zaman yang tidak bisa dihindari penggunaannya.

Psikolog yang diundang pada acara tersebut mengatakan bahwa kunci adalah pada kontrol. Batasi waktu anak menggunakan gadget.

Disampaikan pula, jika anak biasa menggunakan gadget, orangtua perlu waspada terhadap beberapa hal berikut ini :


1. Anak Bermain Games Lebih Dari 1 Jam
Jika gadget dipakai untuk bermain games, waktu 1 jam sudah lebih dari cukup. Maka jika anak bermain games lebih dari 1 jam, itu adalah peringatan bagi orangtua.

2. Perubahan Tingkah Laku Anak
Orangtua perlu waspada jika melihat ada perubahan pada tingkah laku anak. Misal, anak menjadi pendiam atau pemarah. Gadget dapat memudahkan anak dalam belajar, tapi dikuatirkan akan menimbulkan masalah emosional.

3. Kurang 'Dekat' dengan Anak
Orangtua juga perlu waspada jika sudah tidak mengetahui kesukaan anak. Misal, makanan kesukaannya, film favoritnya, dsb. Saat tidak mengetahui kesukaan anak, itu berarti hubungan antara orangtua dengan anak kurang dekat.

Yaa.. Hubungan antara orangtua dan anak ternyata penting untuk mencegah kecanduan gadget. Tatap muka, interaksi bersama antara orangtua dan anak sangat diperlukan. Hal itu bisa dilakukan dengan berbincang atau olahraga bersama. Jika memungkinkan, orangtua dapat pula bermain games bersama anak.

Dengan hubungan yang sehat antara orangtua dan anak, dapat terjalin komunikasi yang baik, sehingga orangtua dapat lebih mudah dalam memberikan pemahaman ataupun aturan sehubungan dengan penggunaan gadget.

Sumber gambar : Koleksi pribadi

(Tulisan ini disertakan dalam challenge #SatuHariSatuKaryaIIDN)
#day4